Adab Mbah Abdullah Salam Kepada Gurunya

0
40

Mbah Abdullah (KH Abdullah Salam) Sewaktu akan memberi sambutan, tiba2 turun dari panggung, padahal didepan panggung sudah duduk para kiai, pejabat pusat maupun daerah dan ribuan santri maupun tamu undangan,

Mbah Abdullah turun dan ngeloyor pergi menemui penjual dawet dipinggir jalan. Mbah Abdullah dengan ta’dzim menyapa penjual dawet dan mencium tangannya.

Ribuan pasang mata menyaksikan peristiwa itu, mereka bertanya-tanya siapakah penjual dawet ini, sampai mbah Abdullah seorang kiai sepuh dan kesohor waliyullah dari Kajen-Margoyoso, Pati, Jawa Tengah ini mencium tangannya. Setelah mencium tangan penjual dawet, mbah Abdullah kembali lagi ke panggung dan berpidato dg singkat :

” Tawasul itu penting untuk nggandengkan taline gusti Allah,” sembari mensitir ayat .

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا …

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah bercerai berai, dan ingatlah kalian semua akan nimat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu semua karena nimat Allah orang-orang yang bersaudara… (QS. Ali-Imron 103)

dan wa’alaikum salam.

Kemudian beliau mandab (turun) dan duduk di kursi bawah panggung. Ketika Mbah Abdullah ditanya siapa penjual dawet tersebut, Mbah Abdullah mengatakan :

”Beliau adalah guru ngajiku sewaktu kecil, beliau yg mengajarkan aku cara membaca fatihah, sehingga sebab beliau aku bisa membaca alquran, bisa beribadah kepada Allah & mendekat kepada-Nya,” .

Mbah Abdullah memberi tahu salah satu cara menggandengkan tali Allah (sesuai dawuh syekh abdul qodir al jilani) adalah dg tawasul.

Dan berbahagialah para pengajar Al Qu’ran di TPQ maupun musholla,

Mbah kyai Jamal pernah dawuh “semulia-mulianya pengajar, adalah orang yg mengajar baca Al Quran “.

Semoga sepenggal cerita tentang  mbah Abdullah ini bermanfaat dan menambah ilmu.

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين

 

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaBE YOUR SELF, IMTIHAN MILIKMU

Tinggalkan Balasan