BE YOUR SELF, IMTIHAN MILIKMU

0
351
Dokumentasi Imtihan TPA TQA Al-Luqmaniyyah semester ganjil 2017

Evaluasi atau bahasa pesantrennya lebih dikenal dengan nama imtihan, merupakan proses penilaian santri dalam proses belajar mengajar. Setiap santri pun mempunyai kemampuan yang bervariasi ada yang cepat mampu memahami, sedang dan bahkan lambat. Evaluasi itu perlu dilakukan, dengan mengingat suatu sifat manusia itu sendiri yaitu manusia yang memiliki kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan tertentu, sehingga perlu diperbaiki baik oleh dirinya sendiri maupun pihak lain.

Tujuan diadakan sebuah evaluasi pembelajaran ada 3 macam yaitu input, transformasi, dan output. Input yaitu santri itu sendiri yang telah siap untuk diuji kemampuannya, transformasi adalah segala macam yang berhubungan dengan proses pembelajaran, sedangkan output adalah hasil dari apa yang diperoleh dari sebuah pembelajaran. Alloh menganugerahi hasil yang baik yakni hasil evaluasi yang diberikan berdasarkan hasil kinerja mereka sendiri. Bila pekerjaannya baik maka dia akan memperoleh hasil yang membahagiakan, begitupun sebaliknya. Seperti yang tercantum dalam Q.S Al-Baqoroh (2) ayat 202 berikut :

أُولَـئِكَ لَهُمْ نَصِيبٌ مِّمَّا كَسَبُواْ وَاللّهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Artinya : Mereka itulah orang-orang yang mendapat kebahagiaan dari apa yang mereka usahakan, dan Allah sangat cepat perhitungannya.

Selain imtihan ada beberapa macam sebutan yang lain seperti

  1. Al-Inba’ atau sering disebut dengan placement test, atau test untuk menentukan penempatan peserta didik apakah di kelas A atau di kelas B dst. Al-Inba’ ini juga dikenal dengan fit and proper test atau uji kelayakan, yakni tes yang biasa dilakukan pada pejabat yang akan menduduki posisi penting dalam pemerintahan dan sebagainya.
  2. Al-Hisab adalah prinsip evaluasi yang berlaku umum, mencakup tekhnik dan prosedur evaluasi.
  3. Al-Bala’ atau ibtala’ yang artinya menguji, atau mencoba yang banyak digunakan oleh Alloh dalam mengungkapkan bentuk ujian yang disebutkan, merupakan nama bahan ujiannya atau dengan istilah pendidikan TPA, materi atau mata pelajaran.
  4. Al-Fitnah merupakan sesuatu yang terkait dengan psiko test, disebabkan ada kecenderungan hati dan berat dalam menentukan sikap.

Intinya, evaluasi diadakan untuk umpan balik (feed back) kepada penyampai materi guna memperbaiki sebuah sistem pembelajaran. Oleh : Ama_Khoiroh

 

Tinggalkan Balasan