Gerbang TPA TQA Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

0
282
Gerbang TPA TQA Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta

Secara geografis TPA Al-Luqmaniyyah terletak kurang lebih 5 km arah timur Kraton Ngayogyakarta, di Kecamatan Umbulharjo. Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Babaran, Gang Cemani, Dusun Kalangan RT 48 RW 04, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kode pos 55161.

TPA Al-Luqmaniyyah ini terletak di lingkungan Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah yang dibangun di atas lahan persawahan seluas 1250 m² dan dengan batasan wilayah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan dusun Tegal Catak.
  2. Sebelah timur berbatasan dengan dusun Warungboto.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan dusun Kebroan.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan dusun Pandeyan.

Lokasi TPA Al-Luqmaniyyah dapat dikategorikan sebagai tempat yang strategis untuk kegiatan pembelajaran, hal ini karena lokasinya cukup jauh dari kebisingan dan aman dari lalu lalang kendaraan. TPA Al-Luqmaniyyah juga berada di kawasan pondok pesantren, sehingga kental akan nuansa kepesantrenan yang sangat kondusif bagi pembelajaran keagamaan. Adapun lingkungan yang mengelilingi TPA Al-Luqmaniyyah sebagian besar adalah perumahan penduduk dengan keadaan ekonomi mayoritas wiraswasta atau pengusaha dan PNS. Sedangkan kondisi masyarakat yang ada di sekitar TPA Al-Luqmaniyyah mayoritas beragama Islam. Hal ini terbukti ada beberapa masjid yang terletak di sekitar TPA Al-Luqmaniyyah kurang lebih empat masjid dan satu mushola.

Tinggalkan Balasan